site builder

Manfaat Pijat Untuk Ibu Hamil

Pijat sangat bermanfaat dilakukan terhadap ibu hamil karena dapat mengurangi stres dan merilekskan tubuh. Pijat akan membantu meredakan kejang otot dan kram akibat beban ekstra yang harus dibawa oleh ibu hamil dan perubahan fisik yang terjadi selama kehamilan. Pemijatan juga membantu menguatkan proses kehamilan dengan cara memperlancar aliran darah, sirkulasi limpa, mengurangi edema, dan membantu menyiapkan kesiapan mental dan fisik ibu. Selain itu, juga berfungsi mengurangi stres persendian akibat beban ekstra dan membantu memaksimalkan kapasitas pernafasan yang sangat diperlukan dalam proses melahirkan.

Tapi pastikan Anda menemui terapis yang memahami teknik pijat yang aman untuk ibu hamil, yakni mengetahui bagian-bagian tubuh mana dan posisi yang berisiko bagi kondisi kandungan.

Berikut beberapa bagian tubuh yang memerlukan perhatian khusus:

Perut. Otot dan kulit pada dinding perut akan mengalami peregangan. Karena itu, hindari melakukan pijatan langsung di area perut.

Payudara. Payudara akan membesar dan sensitif sehingga sebaiknya juga dihindari pijatan langsung.

Kaki. Ukuran jantung akan membesar, terjadi perluasan pembuluh darah, volume darah meningkat hingga 30-50%, terjadi peningkatan sel-sel darah merah dan darah putih.

Selain itu, volume cairan interstitial juga akan meningkat sebanyak 40% pada trimester ke-3, sehingga memicu edema atau pembengkakan pada kaki. Untuk itu area kaki hanya boleh dipijat dengan tekanan lembut dan ringan.

Otot-otot yang perlu direlakskan adalah otot-otot adductor (otot yang menarik kaki dan tangan ke arah garis pusat tubuh) sehingga otot-otot panggul juga ikut relaks. Selain itu, pastikan Anda berada dalam posisi menyamping. Kondisi badan Anda berbeda dengan perempuan yang tidak hamil. Karena itu, tempat pijat juga akan diatur sedemikian rupa sehingga Anda berada dalam posisi yang mungkin tidak terlalu nyaman bagi Anda, tapi aman untuk bayi. Biasanya akan ada tambahan bantal pengganjal untuk membuat Anda merasa lebih nyaman.

Pijat ibu hamil sebaiknya dilakukan pada usia kehamilan 3 bulan ke atas, yakni saat kandungan relatif lebih kuat.