bau

 

Pagi hari Anda sudah mandi, sudah memakai deodorant bahkan sudah menggunakan parfum di sekujur tubuh, tapi kok bau-bau tidak sedap tetap seliweran muncul, dari mana ini datangnya? Atau dari orang sebelah Anda?

Sebelum Anda melirik jauh-jauh ke orang sekitar Anda, ternyata ada beberapa sumber bau tidak sedap dari tubuh yang tidak semudah itu hilang dengan mandi atau dengan penggunaan pewangi dari tubuh kita, apa sajakah, berikut diantaranya:

  1. Bau yang timbul saat Anda sedang stres

Ada beberapa jenis keringat yang dapat ditimbulkan oleh tubuh, dan keringat yang baunya paling tidak sedap adalah keringat yang muncul saat sedang stres oleh karena diproduksi oleh kelenjar apokrin. Kelenjar apokrin memproduksi keringat yang tidak terlalu basah dan bakteri sangat senang dengan lemak dan protein yang terdapat dalam keringat ini. Oleh karena banyaknya jumlah bakteri ini yang membuat bau tidak sedap. Keringat ini berbeda dengan keringat yang dikeluarkan saat sedang olahraga ataupun panas, dimana keringat jenis ini mengandung air serta mineral yang banyak.

  1. Kaki Anda memang ‘bau’

Bakteri memang sangat senang tinggal pada kaki kita oleh karena jari-jari kaki biasanya berada pada tempat yang gelap, hangat, dan lembab dimana merupakan tempat habitat bakteri. Sebanyak 10-15% orang memproduksi keringat lebih banyak, sehingga beberapa orang dapat memiliki bau kaki yang lebih tidak sedap.

  1. Jarang mencuci pakaian dalam wanita (bra)

Tentu kita sebagai wanita memiliki beberapa jenis bra yang sangat cocok dengan kita sehingga dapat kita gunakan berkali-kali hingga terkadang pun tidak kita cuci. Beberapa jenis kain bra memiliki kemampuan menyerap keringat sehingga bila digunakan berulang tanpa dicuci dapat menimbulkan bau yang tidak sedap.

  1. Konsumsi Brokoli terlalu banyak

Tentu Anda pernah mendengar bahwa diet yang mengandung tinggi bawang dapat memicu bau mulut, hal ini benar. Beberapa makanan seperti brokoli dapat menyebabkan timbulnya baru mulut.

  1. Kelainan genetis ‘Trimethylaminuria

Mutasi dari beberapa gen yang dinamakan sebagai Trimethylaminuria, dapat mempengaruhi tubuh sehingga tidak dapat memecah zat kimia yang dinamakan trimethylamine.  Kandungan ini yang membuat bau pada ikan dan bila menumpuk pada tubuh maka bau mulut, urin dan keringat dapat menimbulkan bau ikan.

  1. Alkohol

Saat Anda mengkonsumsi minuman beralkohol maka alkohol tersebut dapat keluar dari pori-pori dan menimbulkan bau badan.

  1. Diabetes

Saat penyakit diabetes tidak diobati maka dapat timbul kondisi yang dinamakan diabetic ketoacidosis. Saat terjadi hal ini maka dapat terjadi perubahan bau badan.

 

Ditulis oleh:

dr. Dewi Ema Anindia

Anggota Dewan Redaksi Medis